Minggu, 28 September 2008

Poin Plus-Plus GooGle Chrome

Wah ngomongin poin plus-plus alias keunggulan Google Chrome(Wah penamaannya niru-niru dikitprogramnya salah satu provider) dari browser buatan Kerajaan google ini mah banyak banget. Beberapa kali saya mencoba sekaligus mengetes browser ini di tempat, koneksi internet dan komputer yang berbeda, untuk itu jika ada beberapa keunggulan yang saya sharing disini agak berbeda jangan lupa pencerahannya Ok. Berikut beberapa keunggulan dari chome yang bisa kita manfaatkan. Temen-temen bakal rugi kalau gak nyoba ni browser.

1. Proses Instalasi Cepat
Bisa saya katakan proses instalasi yang saya lakukan berjalan lancar, padahal installer di ambil langsung dari server. Tapi ada yang aneh yaitu gak ada menu kustomisasi untuk lokasi drive dimana software ini akan di install.


2. Kita bisa menggunakan google Chrome versi Bahasa Indonesia. Wah fitur ini memudahkan teman-teman yang belum melek Bahasa planet lain(hehe sayajuga dalam tahap belajar).

Contohnya ketika pertama kali dibuka, Chrome akan mengkonfirmasi apakah kita mau mengimport data-data dari browser lain seperti Firefox, IE, dll dengan menggunakan bahasa tanah air kita tercinta Indonesia.


3. Proses Loading yang Ringan dan Cepat
Pertama kali saya buka, Wuih chrome tidak terasa bebannya di resource CPU saya yang realatif sudah agak kuno. Saat Mencoba Google Chrome saya memakai intel Pentium III 790 Mhz memory 256MB VGA OnBoard Windows Xp Sp 2. Saya coba bandingkan dengan firefox portable dan menurut saya google chrome lebih cepat loadingnya. Selain itu saya coba buka tab sampai lebih dari 18an, masih terasa oke.


4. Speed Dial. Google Chrome mempunyai fitur yg hampir sama dengan browser Opera, dimana memberikan thumbnails screenshot atau shortcut terhadap 9 halaman yang paling sering kita kunjungi dan menampilkan latest bookmark dan latest search.


5. Layouts Minimalis dan Lapang
Menu Bar dan Bookmark Bar lenyap (juga statusbar yangauto hide), Bagi teman-teman yang tidak suka tampilan page yang setengah-setengah jangan kuatir, Di Google Chrome dijamin pasti puaskarena ruang yang disediakan untuk melihat tampilan page yang kita buka sangat lapang. Jadi lebih terasa mantap browsing dengan Chrome.


6. Smart Address Bar.
Wah Adress Barnya bisa kita pakai sebagai Search Box lho, jika teman-teman mengetik sebuah kata kunci (bukan URL), maka akan otomatis berpindah ke halaman search

Pencarian teks di Chrome cukup nyaman dan efektif, saat kita mengetikan keyword, maka Chrome langsung mencari semua teks yang relevan, dan menandainya dengan warna, sehingga effisiensi waktu dapat kita peroleh.


7. Halaman Tab Baru
Bila Anda membuka tab baru(Ctrl + T), Google Chrome telah mengisinya dengan
informasi bermanfaat. Dengan sekali klik, Anda dapat membuka sumber informasi
Web yang paling sering digunakan. Untuk membuka halaman Tab Baru, klik ikon +
di sebelah tab terakhir.


8. Mode Penyamaran atau Incognito Window (Control + Shift + N)
wah kita pun bisa jadi intelejen.Google Chrome menawarkan mode jelajah penyamaran. Halaman Web yang dibuka dan file yang di-download sewaktu
teman-teman menggunakan penyamaran tidak akan disimpan dalam riwayat penelusuran atau history. Semua cookie baru terhapus setelah jendela penyamaran ditutup. Dalam mode penyamaran teman-teman bisa menggunakan jendela-jendela terpisah untuk browsing seperti biasa.

9. Kontrol Kerusakan
Setiap tab yang digunakan, dijalankan secara terpisah di browser, sehingga jika
salah satu aplikasi rusak, maka aplikasi lainnya tidak akan terpengaruh so, gak usah kuatir teman-teman!

10. Resizable Text Boxes. Google Chrome dapat menyesuaikan panjang teks dg lebar halaman browser. Sehingga untuk tulisan panjang ke samping teman-teman tidak perlu menggeser kanan-kiri.

11. fitur Pengingat
Teman-teman gak perlu panikketika secara tidak sengaja teman-teman menutup jendela tab pada waktu browsing, teman-teman bisa menggunakan fitur ini dengan cara Control+Shift+T. Google Chrome bisa mengingat hingga 10 tab yang tidak sengaja ditutup.

12. fitur auto download
Secara rutin mengupdate alamat2 situs yang dianggap sebagai sumber phising, spam atau virus.

13. about : plugins & about : crash
Masukkan kata-kata about : plugins pada address bar untuk melihat plugins apa saja yang terinstall pada Chrome. Dan about:crash untuk melihat tab mana yang membuat Chrome crash, freeze atau hang. Fitur lainnya: about : stats, about : network,about: histograms, about : memory, about : cache, about : dns, about : internets.

0 komentar:

Posting Komentar