Selasa, 16 Desember 2008

POSS di ITS dan Perguruan Tinggi Lainnya

POSS?mungkin bagi anda yang terbiasa dengan OSS sudah mengetahuinya bukan? ya POSS adalah singkatan dari “Pendayagunaan Open Source Software”. Pemerintah berusaha mendorong peningkatan kemandirian, daya saing dan kreativitas serta inovasi bangsa melalui program Indonesia, Go Open Source! yang merupakan semangat nasional dalam mengembangkan dan memanfaatkan open source software.

untuk menindaklanjuti Kebijakan program Indonesia Go Open Source (IGOS) tersebut, maka beberapa universitas di Indonesia mendirikan POSS network. Kegiatan dari POSS Network adalah sebagai pusat penelitian pengembangan produk open source, repository konten, pelatihan SDM dan pengembangan model bisnis OSS, yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi negeri dan swasta atau lembaga penelitian. Pendayagunaan OSS ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun masyarakat tentang opensource dan juga sebagai back up dari IGOS center sesuai dengan lingkup kegiatan masingmasing pelaksana.
Beberapa universitas yang telah mendirikan POSS antara lain :
1. INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2. INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG
3. INSTITUT TEKNOLOGI SURABAYA
4. POLITEKNIK BATAM
5. POLITEKNIK INFORMATIKA-DEL
6. POLITEKNIK MANUFAKTUR ASTRA
7. PRESIDENT UNIVERSITY
8. UNIVERSITAS AIRLANGGA
9. UNIVERSITAS ALAZHAR
10. UNIVERSITAS GAJAH MADA
11. UNIVERSITAS INDONESIA
12. UNIVERSITAS SYIAH KUALA.
13. UNIVERSITAS UDAYANA
14. UNIVERSITAS BRAWIJAYA
15. UNIVERSITAS HASANUDIN
16. UNIVERSITAS MULAWARMAN
17. UNIVERSITAS GUNADARMA
18. PRESIDENT UNIVERSITY
19. UNIVERSITAS TARUMANEGARA
20. UNIVERSITAS TANJUNGPURA


Pada bulan oktober 2008 telah diselenggarakan workshop POSS Network yang diikuti oleh beberapa POSS di berbagai Universitas. Acara workshop ini diselenggarakan di KAMPUS UNHAS, MAKASSAR. Secara umum kegiatan workshop ini mempresentasikan bagaimana perkembangan pemberdayaan OSS di masing-masing universitas. Acara workshop selanjutnya akan diselenggarakan di di POSS UNTAN pada bulan maret 2009. Mengenai pemberdayaan OSS di ITS, ITS sudah mendirikan pusat kegiatan yang berhubungan dengan OSS di kota Surabaya khususnya bagi komunitas Open Source di ITS dengan nama : POSS-ITS ”Pemberdayagunaan Open Source Software – ITS”. Tujuan dari berdirinya POSS di ITS ini adalah untuk mendukung pengembangan dan pemasyarakatan produk-produk open source agar tidak kalah bersaing dengan produk propertary sehingga masyarakat yang sudah lama terbutakan dan terbius oleh software bajakan dapat beralih ke produk yang legal yaitu “open source”.

0 komentar:

Posting Komentar